Profil Daihatsu

Daihatsu Motor Co., Ltd. (ダイハツ工業株式会社 Daihatsu Kōgyō Kabushiki-gaisha) adalah perusahaan mobil Jepang tertua, yang dikenal dengan produk mobil-mobilnya yang berukuran kecil/kompak. Daihatsu berkantor pusat di Ikeda, Prefektur Osaka.

Daihatsu dibentuk ulang pada tahun 1951 sebagai perusahaan penerus dari Hatsudoki dan pada tahun 1960-an, mereka mulai mengekspor mobil ke Eropa, meskipun penjualannya tidak begitu bagus.

Sejak bulan Februari 1992, sudah menjadi kebiasaan bagi Toyota untuk memasarkan produk-produk Daihatsu di kawasan Amerika Utara.

Bulan Januari 2011, Daihatsu mengumumkan bahwa mereka akan keluar dari pasar Eropa tahun 2013, disebabkan karena terus menguatnya mata uang yen yang menyebabkan kerugian bagi Daihatsu. Penjualan Daihatsu sendiri di Eropa semakin melorot, dari sebelumnya 58.000 unit pada tahun 2007, menjadi hanya 19.000 unit saja pada tahun 2010.

Slogan baru "Innovation for Tomorrow" menjadi komitmen perusahaan untuk selalu mewujudkan inovasi dengan menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas dan ramah lingkungan.

VISI

Menjadi No. 1 di pasar mobil compact di Indonesia dan sebagai basis produksi global utama untuk Grup Daihatsu/Toyota yang sama dengan standar kualitas pabrik Jepang.

MISI

1. Kami memproduksi mobil compact bernilai terbaik dan menyediakan layanan terkait yang penting bagi peningkatan nilai stakeholder dan ramah lingkungan.

2. Kami mengembangkan dan memberikan inspirasi kepada karyawan untuk mencapai kinerja tingkat dunia.

MILESTONE

1907 : Hatsudoki Seizo Co., Ltd. didirikan
1951 : Penggantian nama perusahaan dengan: Daihatsu Motor Co., Ltd.
1967 : Bekerja sama dengan Toyota Motor Corporation
1973 : Astra mendapatkan hak untuk mengimpor kendaraan Daihatsu ke Indonesia.
1976 : PT Astra International ditunjuk menjadi agen tunggal, importir dan distributor tunggal kendaraan Daihatsu di Indonesia.
1978 : Pabrik pengepresan plat baja, PT Daihatsu Indonesia didirikan sebagai perusahaan patungan PT Astra International, Daihatsu Motor Co., Ltd. dan Nichimen Corporation.
1983 : Pabrik Mesin, PT Daihatsu Engine Manufacturing Indonesia (DEMI) didirikan.
1987 : PT Nasional Astra Motor didirikan sebagai agen tunggal dan pengimpor kendaraan Daihatsu menggantikan posisi PT Astra International.
1992 : Daihatsu USA kolaps pada Februari
1992 : PT Astra Daihatsu Motor didirikan melalui penggabungan 3 perusahaan, yaitu PT Daihatsu Indonesia, PT Daihatsu Engine Manufacturing Indonesia dan PT National Astra Motor.
1996 : Pabrik pengecoran alumunium dibangun di KIIC, Karawang, Jawa Barat.
1998 : Pembelian pabrik perakitan dari PT Gaya Motor, sejak saat itu ADM memiliki 4 pabrik, yaitu pabrik pengepresan plat baja, mesin, pengecoran alumunium, dan perakitan.
1999 : Menjadi anak perusahaan dari Toyota Motor Corporation, dengan Toyota menguasai 51% saham Daihatsu.
2004 : Kolaborasi strategis Toyota-Daihatsu dicanangkan melalui peluncuran Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza di Indonesia.
2005 : Produksi Daihatsu mencapai 1 juta unit kendaraan.
2006 : Maret. Berhenti dari Australia
2007 : Peningkatan kapasitas produksi menjadi 211.000 unit per tahun
2008 : Ekspor perdana Gran Max ke pasar Jepang.
2009 : ADM mencapai peringkat "Good Performance" dalam Indonesian Quality Award 2009 yang berbasis Malcolm Baldridge Criteria for Performance Excellence.
2010 : Produksi Daihatsu mencapai 2 juta unit kendaraan.
2011 : Daihatsu akan menginvestasikan 20 milyar yen ($238.9 juta dolar AS) di Indonesia untuk membangun pabrik yang nantinya digunakan untuk memproduksi mobil yang lebih kecil dari Toyota Etios, mobil yang sudah diluncukan di India bulan Desember 2010. Konstruksi pembangunannya dilakukan di atas tanah seluas 70.000 meter persegi dan dimulai tanggal 27 Mei 2011. Pabrik ini mulai beroperasi akhir 2012 dan akan memproduksi 100.000 unit mobil per tahunnya.
2011 : ADM mencapai peringkat "Emerging Industry Leader" dalam Indonesian Quality Award 2011 yang berbasis Malcolm Baldridge Criteria for Performance Excellence.
2011 : ADM memperoleh "Gold Achievement Award", merupakan "The Biggest Score Improvement" dalam Indonesian Quality Award 2011 yang berbasis Malcolm Baldridge Criteria for Performance Excellence.
2011 : ADM memperoleh ASTRA AWARD 2011.


Website Resmi Daihatsu Indonesia

BIMA AZIZ
Sales Executive Astra Daihatsu Malang
HP: 081 233 234 696
Flexi: (0341) 869 5511
Email: bima.astradaihatsu@gmail.com